Di zaman sekarang smartphone bisa dikatakan bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya bisa di miliki oleh beberapa orang saja.

Bisa dikatakan hampir semua orang bisa memilikinya, dan ada beragam jenis seri handphone dengan harga yang lumayan terjangkau. Tetapi jika tidak dirawat dengan baik lama-kelamaan kinerjanya smartphone akan melambat atau lemot.

Punya ponsel pintar, tetapi lemot tidak karuan tentu saja akan menjadi salah satu pemantik emosi. Ketika smartphone yang kita miliki tiba-tiba saja menjadi sangat lemot atau lambat padahal sedang dalam keadaan yang sangat membutuhkan dan mendesak.

Pastinya itu akan membuat kalian sangat tidak nyaman tentunya, karna aktivitas yang seharusnya bisa mudah dilakukan menjadi memakan waktu yang lumayan lama.

Tapi tenang saja karna ada beberapa cara untuk mencegah agar Android tidak lambat atau lemot. Tidak perlu menguras waktu yang banyak, inilah penyebab dan beberapa tips yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah agar smartphone milik kamu tidak lemot.

Penyebab Android menjadi lambat Berikut penyebabnya :

  • Kapasitas Penyimpanan Terlalu Banyak
    Bisa dikarenakan akibat RAM smartphone yang sudah melebihi batas kapasitas. Selain itu smartphone Android bisa menjadi lambat karna terlalu banyak membuka aplikasi.
  • Baterai yang Menurun
    Baterai yang sudah menurun kinerja kualitasnya juga dapat mempengaruhi performa smartphone Android. Jadi sangat penting juga untuk merawat daya tahan baterai dengan cara tidak membiarkan di charger terlalu lama.
  • Terlalu Banyak Data di Memori Internal
    Kecepatan memori internal akan menurun dengan seiring makin banyaknya data yang tersimpan, data itu bisa berupa foto, video, file dan aplikasi yang tidak pernah di hapus selama bertahun-tahun.
  • FlashStorage Degradasi
    RAM dan memori FlashStorage juga dapat mengalami penurunan layaknya seperti baterai.
    Penyebab ini bisa dikarenakan adanya aktivitas penulisan dan penghapusan data yang dapat mengurangi performanya. Ini juga dapat membuat efek lambat menjadi semakin besar.
  • Update Sistem Operasi tidak Sesuai
    Melakukan update sistem operasi sangatlah penting karena dapat mempengaruhi peningkatan kinerja.
    ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar smartphone Android milik kamu menjadi lebih ringan dan cepat.

Beberapa cara mengatasi agar smartphone Android tidak lemot, cara mengatasinya:

1. Menghapus Aplikasi yang tidak terpakai

Dengan cara menghapus aplikasi yang tidak terpakai, adalah salah satu cara untuk mengatasi smartphone Android yang lemot. Karna ponsel pintar dengan banyak aplikasi dapat membuat ruang penyimpanan memori menjadi penuh, karna aplikasi yang tidak terpakai dapat menghabiskan memori dan membuat smartphone menjadi lemot.

2. Update sistem aplikasi

Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah smartphone Android menjadi lambat kinerjanya, kamu bisa melakukan pembaruan sistem operasinya. Karena cara ini lumayan mudah kamu bisa masuk ke menu pengaturan kemudian buka Tentang Ponsel, pilih Software > Update setelah itu klik check for updates pastikan kamu mengupdate OS Android versi akhir.

3. Restart ponsel berkala

Cara ini untuk meningkatkan performa, dengan melakukan reset atau factory reset dapat membersihkan data yang ada di smartphone, langkah ini dapat membuat smartphone akan bekerja lebih cepat.

4. Menghentikan aplikasi yang boros baterai

Cara mengatasi smartphone Android yang lemot adalah dengan cara menghentikan aplikasi yang dapat membuat baterai smartphone menjadi boros. Penggunaan aplikasi pada smartphone bisa di lihat pada bagian settingatau storageusage, namun jika kamu menemukan data besar sebaiknya kamu menghapus data cache aplikasi tersebut.

5. Gunakan aplikasi serbaguna

Untuk mengatasi ponsel yang mulai berkurang performanya, kamu bisa menggunakan Aplikasi serbaguna. Aplikasi serbaguna yang akan membantumu mendeteksi penyebab dari lambatnya ponsel.

“Setelah kamu mengetahui tentang penyebab yang membuat ponsel pintar milik kamu menjadi lemot, tentunya kamu bisa menjaga agar selalu memperhatikannya supaya smartphone milikmu selalu dalam kondisi yang bagus.”

Dan jangan lupa melakukan cara mencegah agar Android tidak lambat atau lemot dan agar selalu ringan dan cepat, cara itu pun juga sangat mudah untuk dilakukan sendiri dirumah.

Rian SEO

Kota: Binuang, Kalimantan selatan - Kabupaten tapin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.