Manfaat Jalan Kaki Rutin Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Di zaman modern sekarang sangat jarang kita temui orang-orang yang ingin bepergian hanya dengan berjalan kaki, walaupun tempat yang akan di tuju itu sangat dekat.

Mereka lebih memilih kendaraan seperti motor karna lebih cepat dari pada hanya dengan berjalan kaki.

Olahraga jalan kaki merupakan pilihan olahraga selain berlari yang mudah untuk kamu lakukan. Bahkan tanpa sadar, kamu sebenarnya telah berjalan kaki hampir setiap hari.

Tahukah kamu? bahwa manfaat jalan kaki itu sangat baik untuk kesehatan! Dokter jaman Yunani kuno Hippokratessudah mengatakan bahwa “Berjalan kaki adalah obat paling baik”. Karna membuat tubuh tambah sehat.

Apa yang terjadi pada tubuh jika kita rutin melakukan jalan kaki setiap hari?

Beberapa manfaatnya, yaitu:

  • Mencegah penyakit jantung
    Menurut Asosiasi jantung, karena dengan berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal mencegah penyakit jantung dan stroke.
  • Memperbaiki penglihatan
    Karena berjalan juga memberi efek yang sangat bagus bagi mata, karena membantu mengurangi Glaukoma. Penyakit yang di sebabkan cairan terkumpul di bagian depan mata, dan meningkatkan tekanan atas syaraf dan penglihatan.
  • Perubahan positif pada otak
    Dengan berjalan kaki juga dapat mencegah dari pikun, mengurangi risikoAlzheimer dan memperbaiki kesehatan mental.
  • Menambah volume paru-paru
    Berjalan kaki juga dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru, selain dari menghilangkan racun dan hal lain yang harus dibuang.
  • Menambah kekuatan otot
    Kekuatan otot juga dapat ditingkatkan sama halnya seperti pengurangan bobot badan.
  • Menurunkan risiko terkena stroke
    Adapun manfaat berjalan kaki untuk menurunkan risiko terkena stroke. Salah satu studio 70 ribu perawat (Harvard School of public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu risiko mereka terserang stroke menurun dia per tiga.
  • Berat badan stabil
    Dengan membiasakan berjalan kaki rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain jumlah kalori terbuang oleh aktivitas jalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar dari meningkatnya metabolisme tubuh.
  • Menurunkan berat badan
    Bagi mereka yang mulai kelebihan berat badan bisa di turunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh gopoh secara rutin.
  • Menurutkan risiko penyakit kronis
    American Diabetes Association merekomendasikan olahraga jalan kaki untuk menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes. Sebuah studi dari American College of Cardiology (2020) menunjukkan manfaat jalan kaki dalam menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 0,45 poin untuk 1.000 langkah pertama hari.
  • Menghilangkan sakit punggung
    Apakah kamu tahu sebenarnya berjalan kaki bisa menjadi “penyelamat”bagi orang yang mengalami sakit punggung ketika melakukan olahraga yang cukup berat. Maka dari itu berjalan kaki dapat mendorong perbaikan sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas yang vital bagi kesehatan tulang belakang.

Jadi berapa waktu sehari yang kita butuhkan untuk berjalan kaki?

Menurut dokter Melina B. Jampolis, penulis buku The DoctoronDemand Dietberjalan kaki 30 menitsehari yang dilakukan secara teratur, merupakan salah satu hal terbaik dan mudah yang bisa dilakukan untuk kesehatan tubuh.

Waktu yang paling ideal untuk berolahraga di pagi hari adalah pada jam 7 pagi. Olahraga juga harus dilakukan dengan benar, usahakan untuk berolahraga dalam keadaan perut kosong. Intensitasnya juga harus tepat, yakni sekitar 30 menit per hari.

Sebaiknya para anak muda lebih baik melakukan kegiatan berjalan kaki, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan.

Karena di saat muda inilah waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan agar di waktu tua nanti kita senantiasa selalu sehat.

Rian SEO

Kota: Binuang, Kalimantan selatan - Kabupaten tapin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.