Berbagi Pengalaman Blog, Selama Menggunakan Blogspot!

Berbicara masalah keuntungan, berarti saya akan menjawab point terbaiknya saja dari blogspot.

Tahun 2013 awal kenal blog dulu dari HP yang bernama mywapblog lalu disusul ke versi desktop yaitu blogspot. Karena dulu niat saya mau punya blog agar bisa nama alamat URL saya rianseo muncul di halaman pencarian Google.

Maka saya mencari panduan cara membuat blog di kolom pencarian Google. Banyak yang bermunculan, terutama saya baca disuatu blog (lupa namanya) menyarankan menggunakan platrom blogging kusus HP Mywapblog.

lagi zamannya Nokia E71 syambian dulu

Tapi saya merasa kurang suka dengan mywapblog karena ada batasan untuk mempercantik tema blog yang kita gunakan cuma bisa menggunakan CSS saja + Ada iklan dari bawaan mywapblog.

Walau iklan bisa di sembunyikan menggunakan kode CSS, tapi tetap saja menurut saya cukup mengganggu.

Saya dari dulu, suka bikin tampilan tema blog meniru situs ternama 😅, untuk URL blog saya dulu mywapblog kalau gak salah adalah .mywapblog’com.

Lalu pindah ke Blogspot, dengan menggunakan nama URL domain .blogspot’com.

Nah disini saya makin menyukai akan tentang dunia blog, karena di blogspot lebih leluasa buat edit-edit tampilan temanya karena tidak ada dibatasi dan tanpa ada iklan dari platrom blogspot itu sendiri.

Apa yang Membuat Menarik dari Blogspot?

Alasan ini saya ambil sesuai data dari forum Blogger facebook Indonesia, sebagai berikut :

  • Blogspot itu Gratis, tidak dipungut biaya apapun kecuali Domain TLD & Template premium (jika Anda ingin keluar biaya)
  • Blogspot itu adalah milik Google, yang artinya untuk segi keamanan bisa dikatakan kuat [ Anti Hack ] – tidak berlaku untuk lalu lintas situs misalnya seperti jingling dan bom visitor.
  • Tanpa ada kata Server down (Gangguan) atau mengalami masalah kapasitas penyimpanan hosting penuh.
  • Blogspot itu bisa dikatakan semuanya tak terbatas (Unliminted) semua fiktur, tidak ada sistem fiktur premium kecuali hostingnya tidak bisa kita otak atik.
  • Banyak tema bawaan blogger gratis yang bisa dipasang tanpa dibatasi fikturnya. (Kecuali membeli tema premium dari orang lain)
  • Blogspot cocok buat orang minim modal dana dan sangat pas buat para PELAJAR & MAHASISWA yang menggunakanya.
  • Tampilan Dashbor blogger mudah dipahami, tidak terlalu membingungkan bagi orang yang baru belajar ngeblog / gaptek.
  • Blogspot sangat cocok untuk kamu dalam belajar membuat Blog, Belajar SEO, Memahami kode HTML, CSS & JavaScript.
  • SEO blogspot udah bagus untuk bersaing di halaman pencarian Google.
  • Membuat artikel sangat mudah, tidak perlu paham kode HTML.

Kesimpulan & Keuntungan Buat Blog di Blogspot

Saya jawab enaknya adalah tidak perlu modal dan ” GRATIS ” selamanya, dengan syarat blog kamu tidak melanggar kebijakan dari ketentuan Blogger. Baca persyaratan Kebijakan konten blogger.

Bahkan untuk mendaftar ke Periklanan Google AdSense pun tidak ada dikenakan biaya seperpun. Blogspot sangat membantu untuk anak muda seperti saya dulu, 0 | tanpa modal sama sekali awal terjun kedunia blog.

Sangat disarakan untuk orang-orang yang ingin belajar blog untuk menggunakan blogspot dulu.

Alasannya Kenapa Pakai Blogspot!

Kita hanya ingin punya blog, bukan untuk bisnis kan? Yang artinya blog itu kita jadikan hoby dulu jangan dibuat alasan untuk mendapatkan uang banyak atau cepat kaya (Uang dari hasil Blog adalah bonus).

Pengalaman Blog Rian SEO di Dunia Blogging

Saya tambahin lagi point pengalaman saya didunia blogger, yang mungkin ini akan bermanfaat buat kamu untuk tidak mudah menyerah dalam membangun blog.

Mengenal Kehidupan Saya – Rian SEO

Saya lahir dari keluarga sederhana, anak pertama dan memiliki adik hanya 1 saja. Dibawah ini adalah data nama serta tempat tinggal saya sekarang.

  • Nama Lengkap : Heriansyah
  • Tgl Lahir : 20/05/1996 (Sekarang 24 tahun umur saya)
  • Kota Tempat Lahir : Kandangan, Kabupaten hulu sungai Selatan, Kalimantan selatan
  • Tempat Kota Tinggal : Binuang, Kabupaten tapin, Kalimantan selatan
  • Status : Belum Kawin
  • Pekerjaan : Blogger & Design Template (Sekarang)

Jadi dalam keluarga saya, ada 4 orang semuanya Ayah, ibu saya & adik. Orang tua saya bukan orang yang berada untuk segi ekonomi, bisa dibilang cukup untuk kehidupan saja.

Seperti uang untuk buat jalan-jalan / liburan itu hampir gak ada. Maklum pekerjaan orang tua saya cuma sebagai pekerja kebun karet dan hasilnya cukup untuk makan keseharian saja.

Singkat cerita, saya lulus sekolah cuma sampai tingkat SMA saja dan tidak melakukan pendidikan ke jenjang kuliah, karena orang tua saya juga memang tidak punya uang saat itu di tahun 2013.

Pekerjaan saya Waktu lulus sekolah SMA?

Kerjaan saya waktu itu, cuma main game online TibiaME, Tidur, buka Internet. Pokoknya saya ini orangnya memang gk punya keahlian untuk didunia nyata, dan prinsip saya waktu itu gak mau mengikuti langkah pekerjaaan orang tua saya jadi pekerja karet.

Kebetulan HP saya dulu Nokia E71 jadi saya suka baca-baca di internet untuk masalah moding / memodifikasi tampilan tema HP nokia biar mirip kek Blackbery, Waktu Blackbery masih jaya.

Udah mulai dari dulu, saya itu paling suka nyontek tampilan yang tidak bisa digunakan di suatu lain tempat (sampai saat ini, saya dikenal sebagai Kloning template web).

Nah karena sering browsing di Google, saya berpikir siapa yang isi halaman pencarian Google ini untuk seperti masalah tips dan cara itu. Dalam benak saya, mungkin karyawan Google yang disuruh ngisi tulisan-tulisan di Google.

Dari sinilah saya mulai cari tahu, bagaimana agar tulisan kita sendiri berada di halaman pencarian Google. dan akhirnya pencarian Google menjawab dengan sebutan ” Blog ” maka dari itu awal saya belajar membuat blog.

Pokoknya untuk wilayah dikota saya ini, orang-orang untuk masalah internet pada gak paham, (apalagi sebutan Blog, sangat asing disini) bukan berarti gak ada jaringan / belum maju,tapi memang tertinggal untuk informasi media.

Orang-orang disini lebih fokos ke kerja nyata tambang batu bara, tidak ada sistem kata online. Sampai saat ini, saya masih sendirian yang paham masalah dunia blog dikota ini dan tidak ada team / teman sepemikiran.

Suka Internetan, Akhirnya Buat Blog Gratisan di Blogspot

Singkat cerita, saya sudah mempunyai sebuah blog gratisan diblogspot yang sudah saya sebutkan diatas tadi untuk URL domainnya. Awal buat blog, you now lah! Tulisan saya buat ngasal alias tidak dimengerti dan tidak memberikan maanfaat sama sekali.

Seperti biasa saat buka blog, hoby saya itu merubah tampilan blog biar jadi lebih keren. Jadi saat saya mau ubah tema blog saya, saya bingung mau ngerubah warnanya gimana.

Cari lagi di Google cara merubah warna tema blogspot, banyak yang menjelasin caranya pakai kode CSS dan waktu itu saya gk paham apa itu kode CSS.

Catatan! Semua ilmu yang saya dapatkan tentang dunia blog dan coding itu saya pelajari sendiri alias tidak ada yang membimbing (ototidak)

Kita singkat lagi ceritanya, udah suka otak atik tema blog, hasilnya hancur waktu itu soalnya saya buat tampilannya kek robot, banyak pakai widget kamera, corsur mouse doraemon dan pakai warna hitam pekat mirip seperti satria baja hitam.

Lebih dari 2 bulan saya belajar membuat blog, lalu saya menemukan lagi fakta bahwa lewat blog bisa hasilin ” UANG ” dipencarian Google.

Mempelajari Bagaimana Menghasilkan Uang dari Blog

Ada banyak yang memberikan saran menggunakan iklan, saya waktu itu belum kenal Google AdSense.

Pokoknya yang saya ingat, perilkanan disaranakan dari blog siapa itu, saya lupa namanya memberikan saran untuk memasang iklan Adfly. Disini saya mulai dapat ilmu, bahwa pembayaran dari blog itu berupa pembayaran dari iklan.

Maka saya daftar akun dan memasang iklan Adfly berupa barner dibagian atas header template, dan selesai. Lalu saya baca-baca lagi untuk mendapatkan bayaran dari iklan diblog ternyata harus memiliki pengunjung blog yang banyak.

Belajar Cara Mendapatkan Pengunjung yang Banyak

Jika kamu masih membaca tulisan ini, kamu pasti paham bagaimana susahnya saya buat blog tanpa ada bimbingan.

Semua itu saya pelajari, mulai dari menulis artikel yang benar serta memberikan informasi yang memang benar-benar bermanfaat kepada pembaca.

Disinilah saya dapat ilmu berupa ide, untuk menulis konten tentang masalah panduan & tutorial, dalam pikiran saya tulisan seperti ini akan berguna untuk dibaca orang lain dan akan dicari selamanya.

Belum Mengerti SEO dan Kata Kunci

Sekali lagi, saya dulu nulis judul artikel sama seperti membuat tulisan cerita di pelajaran bahasa indonesia. tanpa SEO, yang artinya tulisan saya buat sesuai isi hati yang saya sampaikan saja.

Blog tidak didaftarkan ke Google Webmaster Tools

Namun saya waktu dulu, nulis artikel sesuai hoby saya yaitu main game online TibiaME, nah jadi saya bahas semua tentang dunia game TibiaME saja. Mulai dari aplikasi auto hunting TibiaME | berburu sendiri, Trik mendapatkan token TibiaME secara gratis dan masih banyak lainnya, saya lupa.

Saya singkat lagi ceritanya neh, soalnya panjang banget kalau saya cerita semuanya. Memasuki 6 bulan lebih sudah saya menekuni dunia blog. Tampilan blog yang saya dapatkan hanya sekitar 50 aja waktu itu dalam 1 harinya.

Saya mulai bosen, karena memang gak fokos lagi otak atik tema blogspot. Karena gak ada peningkatan dari data blog untuk kunjungannya.

Buat Postingan Berbau Link Mantap-mantap

Sempat 1 minggu gak buka blog lagi dan asik main game Ninja saga online di Facebook, lalu saya dapat ide buat tulisan di blog saya tentang kumpulan link mantap-mantap (Motode dunia gelap ini pada masanya).

Maka saya buat aja soalnya belum paham arti konten yang melanggar waktu itu. Selang beberapa hari saya buka blog lagi dan saya terkejut dengan data kunjungan blog saya mencapai 500 view perhari waktu itu.

Catatan! Dulu Google belum seketat seperti sekarang, konten yang berbau vulgar dulu masih bisa terindex walaupun punya saya cuma berupa link tapi tetap terbaca konten vulgar.

Ini adalah perjalanan blog dari saya, Tolong untuk tidak diikuti seperti hal konyolnya diatas ya.

Nah disini jiwa ngeblog saya bakit lagi untuk mengelola blog, Lalu saya lihat artikel yang yang banyak dikunjungi ternyata artikel yang baru aja saya buat tentang link-link mantap.

1 Tahun Buat Blog baru kenal Iklan Google AdSense

Wah apa aja yang saya lakukan selama 1 tahun di blog saya?

  • Saya jawab : belajar membuat tampilan blog saya yang propesional dan susunan widget sesuai arahan yang saya dapatkan dari blog mastah.

Saya banyak belajar tentang dunia blog dari blog mastah waktu itu (Saya lupa namanya), dan setelah itu mulai mencari template blogger gratiasan dengan kata kunci ” Tempate Blogger SEO Frendly “.

Mulai Mendaftarkan Blog ke Google AdSense

Singkat cerita, akhirnya saya ketemu dengan blog mas sugeng, saya kenal dari templatenya bernama brosense dan banyak dipakai pada masanya ditahun 2014. Dulu juga blog mas sugeng juga masih pakai blogger belum hijrah ke WordPress seperti sekarang ini.

Nah disini saya jadi paham tampilan blog yang enak itu jawabannya adalah simple alias tidak banyak warna dan cuma pakai 2 warna saja sebegai lantarnya.

Kebetulan saya melihat artikel mas sugeng yang membahas menghasilkan uang dari blog menggunakan Google AdSense.

Saya buka dan saya baca, ternyata iklan dari pihak Google langsung dan mas sugeng juga memberikan bukti pembayaran hasil dari Google adsense lewat riwayat cerita Eka Leskmana.

Disini saya mulai makin yakin, bahwa saya bisa menghasilkan uang dari blog dan saya coba ikuti panduan mendaftar blog ke Google Adsense.

Apakah blog saya langsung diterima?

Tidak semudah itu forgesu, saya kena tolak mentah dari AdSense bahwa blog saya tidak pantas / tidak layak untuk menampilkan iklan dari Google karena alasan miskin informasi.

Cari lagi ilmu ke google, dengan kata kunci agar blog diterima AdSense dan saya menemukan artikel dihalaman pertama Google adalah blog strukturkode.

Diblog strukturcode saya juga banyak dapat ilmu dan belajar tentang penulisan artikel yang berguna, salahsatunya adalah memberikan kelengkapan konten setiap artikel.

Berhubung waktu itu blog saya udah ada 80 artikel maka mau tidak mau saya edit dan lihat-lihat artikel mana yang kurang lengkap mulai dari gambar serta penjelasan yang kurang di mengerti, saya lakukan perbaikan secara bertahap.

103 Kali Mendapatkan Penolakan dari Google AdSense

Bagaimana? Saya mulai banyak membaca dan terus membaca waktu itu apa aja kekurangan dari blog agar bisa diterima Adsense. Jalan 2 tahun ngeblog saya masih saja kena tolak AdSense, untuk data tampilan blog saya waktu itu perharinya sudah mencapai 4000k perhari.

Catatan! 2 tahun waktu itu saya sudah mulai dibuly teman sekampung, bahwa pemalas dan gak bisa cari pekerjaan.

Tapi iklan Google AdSense masih aja menolak, sempat menyerah dan cari jenis iklan selain Google AdSense dan ketemu sama iklan Popcash yang mana bayaranya berupa dollar ke Paypal.

Akhirnya saya pasang iklan Popcash selama 1 bulan dan ternyata lumayan menghasilkan sekitar 10$ Paypal masuk, nah disini saya bisa beli domain rianseo.com di Namecheap.

Blog di Terima Google AdSense

Singkat cerita, Sekian lama akhirnya blog saya di terima AdSense awal tahun 2016 ternyata penyebabnya artikel yang membahas link mantap-mantap yang tidak saya hapus, karena dulu itu saya takut kalau blog saya tidak banyak lagi pengunjungnya.

Tapi akhirnya saya putuskan untuk menghapus dan ternyata, rezeki memang tidak kemana, pengujung tetap banyak karena ada postingan saya yang posisi satu waktu itu.

Setelah iklan google AdSense berhasil terpasang, seperti biasa saya edit-edit tema blog belajar kode HTML dan CSS.

Disana saya mulai meyakini bahwa usaha saya tidak akan sia-sia selama ini, saya cek dashbor Google AdSense tercatat uang berupa dollar.

Awal Menerima Uang Pembayaran dari Google AdSense

Karena saya sengaja mengatur pembayaran dari Google maksimal di angka 200$ maka untuk pembayaran lumayan memakan 3 bulan baru terkumpul.

Saya katakan lagi, pegawainya pada bingung pas waktu saya ke kantor pos menanyakan mau ambil uang dari Google. Karena pembayaran saya pakai WU – Western Union , jadi harus ke kantor pos waktu itu. Apa kata mereka pegawai kantor pos?

  • Saya : ” Misi mas, disini Apakah bisa ambil uang dari Google?

Catatan: Disini saya juga belum pernah ke kantor pos seumur hidup, jadi saya juga kurang tau gimana cara ambil uangnya waktu itu.

  • Pegawai Pos : Mulai mikir satu sama lain, lalu bilang kalau ambil uang dari Google kami gak bisa katanya.
  • Saya : Disini mulai panik!

Hati saya berkata, gimana ini, soalnya di kota saya juga belum pernah, ada orang yang sudah berhasil dapat uang bayaran dari Google, cuma saya seorang yang udah berhasil buat sejarah :).

Lalu saya sebutkan lagi, bahwa ini bayaran dari Google hasil blog dan pembayaran di kirim lewat WU kata saya.

  • Pengawai Pos : Nah kalau ambil uang dari WU bisa, asal ada kode mtnc numbernya katanya.
  • Saya : Iya ada mba saya kode mtnc nya.

Beginilah kalau punya wilayah kota yang belum luas pengetahuan teknologi, pada bingung kalau dengar hal-hal aneh yang ada di internet itu.

Singkat cerita, hati saya waktu itu bahagia sekali, karena apa yang saya kerjakan selama 2,5 tahun lebih akhirnya menghasilkan uang nyata.

Uang saya terima waktu itu tidak banyak banget, cuma sekitar Rp.3,800.000 – $267,91 saja dan itu langsung saya belikan ke HP Android.

Disini kebahagian yang saya dapat adalah apa yang saya perjuangkan pasti menghasilkan, dan memang benar usaha tidak pernah mengkhianati hasil, kata pepatah.

Bisa Beli Laptop Sendiri dan Perlengkapan Rumah dari Hasil Blog Gratisan

Singkat cerita, saya akhirnya punya laptop sendiri dan tidak perlu ke warnet lagi buat cek tampilan blog dan belajar kode. Sampai 1 tahun lebih, akhirnya blog saya bisa menghasilkan 100$ perbulan dan rutin gajihan.

Ini adalah akhir dari cerita yang berujung bahagia, tapi kadang hidup tidak selalu sesuai yang kita harapkan.

Blog diHapus Google karena Melanggar Ketentuan DCMA

Ini adalah cerita sedih yang saya lalui saat mengalami nasip penghapusan Blog dari Blogspot.

Baca : Cerita Saya Ketika Blog dihapus Google

Konten blog saya memang banyak banget membagikan file template gratis dan membahas masalah panduan tentang cara membuat redesign template blogger.

Dan disini saya selalu memberikan panduannya ke salah satu template terkenal Indonesia untuk dijadikan bahan percobaan.

Saya tidak menyebutkan nama template nya, karena bisa saja nanti tulisan ini akan terbaca Google DCMA karena penyebutan kata merk produk milik orang lain.

Akhir Kata

Bagaimana menurut kalian?

Membuat dan membangun sebuah blog dari awal itu tidak mudah dan perlu kerja keras tanpa mengharapkan sesuatu. Jika posisi kamu saat ini adalah dalam proses belajar, maka sangat saya sarankan untuk tidak mudah menyerah dan terus belajar.

Sekali lagi saya katakan, bahwa membuat blog bukan salah satu cara cepat mendapatkan uang maupun jadi orang kaya. Semua itu perlu proses dan perlu waktu.

Rian SEO

More posts by Rian SEO
Kota: Binuang, Kalimantan selatan - Kabupaten tapin.

12 Comments

  1. Mas Ukim June 29, 2020

    Saya salah satu pengikut rianseo dari yang masih pake blogspot. Jika membuat blog hanya berdasarkan ingin sukses dan mendapatkan uang banyak, sepertinya susah2 gampang ya mas hehe

    Reply
    1. Rian SEO June 30, 2020

      Iya susah gampang! tpi mudah bosen biasanya kalau harapan tak sesuai keinginan.

      Reply
  2. Faizall TM June 30, 2020

    Mantap

    Reply
  3. blog-eko27 July 17, 2020

    kalao baha blogspot rianseo memang gk bsa lepas dari gimik yang vulgar dengan CROOT, semoga dikurangilahh. kasian pengikut, masak kreator kok gampang crooott

    Reply
    1. Rian SEO July 17, 2020

      Anjay,, jgn ditiru kebiasan buruk dari saya! Wkwkwkwk

      Reply
  4. duja July 30, 2020

    Hemm,,, kita seumuran, jalan ceritanya juga mirip, hanya saja saya tidak mendalami kode karena ada pekerjaan lain di dunia nyata, . nasib buruk nya ente dihapus blog nya kalau saya banned adsense nya, kwkwkkw…

    Ya begitulah memang susah – susah gampang, bosennya lagi kalau udah ada adsense trafik terjun bebas, seperti yang sedang saya alami saat ini,,, kwkwkkwkw

    Reply
    1. Rian SEO August 6, 2020

      Saat ini saya sudh tidak bergantung lg dengan AdSense, allhamdullilah penghasilan dri jualan template lbh besar hasil AdSense.

      Reply
  5. AreFrom August 3, 2020

    Anjay masih muda ternyata

    Reply
    1. Rian SEO August 6, 2020

      Emang dikira umur berapa? wkwkwkwkkw

      Reply
  6. Pujakesuma August 6, 2020

    Walaupun dari umur saya lebih tua, tapi pengalaman ngeblog saya masih seumur jagung. Saya banyak belajar dari orang – orang yg inspiratif seperti Mas Rian. Insya Allah blog saya makin berkembang dan bisa mengikuti jejak Mas Rian. Salam

    Reply
    1. Rian SEO August 6, 2020

      Semangat terus ya mas! Usaha tidak pernah mengkhianati hasil

      Reply
  7. Anggi Fitriani August 9, 2020

    mantap

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *