Cara Melindungi Kendaraan Menggunakan Asuransi Mobil

Pengertian dari kata Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi apabila kendaraan Anda mengalami kerusakan, misalnya rusak fatal maupun hanya kerusakan kecil contohnya lecet. Lebih dari itu, terdapat juga beberapa manfaat tambahan seperti penggantian kerusakan akibat bencana alam.

Dengan perlindungan ini, perusahaan asuransi akan melindungi kendaraan Anda apabila mengalami masalah kerusakan atau hilang dalam waktu selama setahun. Oleh sebab itu, maka Anda harus memilih asuransi mobil terbaik dan murah agar mendapatkan perlindungan jaminan kendaraan.

Memahami Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Ada beberapa Jenis asuransi mobil terdiri atas asuransi mobil all risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). pengertian asuransi mobil all risk berani menanggung semua risiko yang ada, sedangkan asuransi mobil TLO hanya melindungi khusus kerusakan parah saja.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya, entah itu dari segi pertanggung jawaban maupun biaya.

Daftar Jenis Asuransi Mobil

  1. Asuransi Mobil TLO
    Memberikan jaminan atau biaya pertanggungan apabila mobil hilang karena pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75% dari harga mobil pada saat itu.
  2. Asuransi Mobil All Risk
    Jenis asuransi ini akan melindungi kendaraan dengan klaim kerusakan mobil dari yang ringan sampai yang rusak parah.
  3. Asuransi Mobil Gabungan
    Ada juga jenis asuransi kendaraan gabungan, antara all risk dan TLO, tetapi hanya bisa diperoleh saat kredit mobil.
  4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)
  5. Asuransi Mobil Collision Coverage
  6. Asuransi Mobil Liability Insurance
  7. Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Cara Menggunakan Asuransi Mobil

Untuk bisa menggunakan asuransi mobil Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan. Anda harus memperhatikan kejadian pertama kali apabila terjadi kecelakaan maupun hilang, harus langsung foto kejadian sebagai bukti dan langsung buat laporan klaim asuransi kendaraan maksimal 5×24 jam.

Kabar baiknya untuk cara tercepat dan mudah Anda bisa memanfaatkan layanan bantuan klaim dari broker asuransi seperti Lifepal sebagai jasa asuransi mobil terbaik yang ada di Indonesia.

Beberapa contoh proses menggunakan asuransi mobil di Indonesia berikut ini :

  1. Anda bisa dengan langsung datang ke kantor cabang, telepon, SMS, atau aplikasi klaim yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Biasanya, laporan klaim harus dilakukan maksimal 5×24 jam setelah kejadian, tergantung kebijakan perusahaan.
  2. Anda harus sudah menyiapkan dokumen klaim berupa Dokumen kendaraan (SIM dan STNK), dokumen polis , formulir klaim yang telah diisi, foto-foto sebagai bukti kecelakaan maupun kerugian lainnya yang akan diklaim.
  3. Biasanya tim asuransi melakukan survei dan analisis, Proses ini bertujuan untuk menghitung perkiraan biaya kerugian yang terjadi.
  4. Harap bersabar tunggu hasil survei dan analisis, Tim dari perusahaan asuransi akan menilai klaim yang dapat disetujui.

Penutup

Sampai disini mungkin sudah dapat Anda pahami tentang cara menggunakan asuransi mobil dengan beberapa contoh syarat dan ketentuan yang sudah saya tulis diatas.

Anda dapat mempelajari lebih rinci tentang cara kerja asuransi mobil di website Lifepal Indonesia. Lebih dari itu saya ucapkan terima kasih.

Rian SEO

Kota: Binuang, Kalimantan selatan - Kabupaten tapin.

2 Comments

  1. Abbox
    Maret 1, 2022

    mobil kecelakaan karna human error/pengemudi apakah bisa gunakan asuransi min?

    Balas
    1. Rian SEO
      Maret 3, 2022

      Bisa pelajari lebih lanjut lewat situs yang saya tulis diatas

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.