Cara Menentukan Penulisan Judul Skripsi yang Benar

Mahasiswa di era globalisasi sekarang dituntut untuk cepat dalam lulus kuliah, bahkan dituntut cepat memperoleh pekerjaan. Sedangkan perkuliahan pun mereka belum selesai.

Seringkali, kendala tersulit mahasiswa adalah skripsi, dimana mereka harus membuat skripsi dengan judul yang relatif unik, bagus dan tidak mirip dengan orang lain.

Judul skripsi merupakan bagian paling penting sebelum kita mulai mengerjakan suatu skripsi atau penelitian di kampus, dalam pembuatan judul skripsi mestinya terlihat berbeda dari orang lain sehingga skripsi yang dibuat menjadi bagus dan menarik untuk diteliti.

Menurut the liang gie :1995 Skripsi adalah karangan ilmiah yang memaparkan suatu pokok soal yang cukup penting dalam suatu cabang ilmu sebagai cabang penelitian pustaka dan/atau lapangan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa berdasarkan penugasan akademik dari perguruan tingginya untuk menjadi salah satu syarat kelulusannya sebagai sarjana.

Mimin akan berbagi metode dalam menentukan penulisan skripsi yang benar dan menarik.

Singkat dan Berbobot

Dalam pembuatan judul skripsi alangkah baiknya dibuat dengan singkat dan berbobot dimana harus diperhatikan variable nya jika penelitian kuantitatif dan konteks judul jika melakukan penelitian kualitatif misalnya :

A. Kuantitatif

  1. Pengaruh……
  2. Persepsi…..
  3. Strategi pasar….
  4. Dan lain-lain

B. Kualitatif

  1. Efektivitas
  2. Mekanisme
  3. Paradigma
  4. Perspektif
  5. Dan lain-lain

Dapat ditarik kesimpulan bahwa jika menggunakan kata depan yang berbobot maka itu akan menentukan teori utama dalam penulisan skripsi.

Era Globalisasi

Menentukan Pembuatan Judul Skripsi yang Baik dan Benar

Di zaman sekarang ketika kita membuat judul skripsi yang sesuai dengan zaman maka itu tentunya akan menjadi nilai tambah dalam pembuatan judul yang kita lakukan, dimana zaman sekarang banyak mahasiswa yang mencontoh skripsi orang lain yang dulu, mereka hanya mengganti lokasi penelitian, tempat penelitian dll.

Pada dasarnya itu boleh dilakukan. Tetapi, esensi dari judul yang kita buat tidak akan terlihat dan tanpa adanya kepuasan hati karena mencontoh judul yang sudah pernah ada dan sudah pernah dilakukan penelitian.

Mimin contohkan judul skripsi di era globalisasi sekarang.

a. Era industri 4.0
b. Pemberian PR dirumah untuk anak SD
c. Obat sirup dilarang dikonsumsi
d. COVID-19
e. Hama pertanian baru

Mudah ditemukan Teorinya

Judul skripsi yang dibuat hendaknya teori yang ingin digunakan mudah ditemukan dan dipelajari sehingga memudahkan peneliti dalam mempelajari ataupun sidang skripsi.

Dimana ketika kita sudah memahami judul yang dibuat maka akan membuat kita lebih leluasa dalam melakukan presentasi pada saat seminar proposal atau sidang skripsi.

Cari Referensi dari Literatur dan Penelitian Terdahulu

Ketika kamu tidak memiliki jadwal kuliah atau sudah selesai dalam perkuliahan sebaiknya kamu lebih sering datang ke kampus untuk mencari referensi dan literatur dari penelitian terdahulu terutama dari kampus sendiri.

Tentunya untuk membaca jurnal akademik dan skripsi atau tesis milik teman kampus terdahulu yang sekiranya memang sejalan dengan minat dan penelitian yang akan kamu lakukan.

Dari sana kita bisa mendapatkan latar belakang kuat yang bisa membuat judul skripsi lebih menonjol, tetapi jangan lupa orientasi kalau mencari referensi bukan plagiasi ya.

Penutup

Mengganti objek penelitian sudah bisa mengubah karakteristik dari penelitian terdahulu.

Misalkan Skripsi yang terdahulu adalah skripsi manajemen pemasaran yang mengambil meneliti produk HP merek Nokia dibandingkan dengan produk HP merek Cina.

Kamu bisa meneliti dengan tema yang sama tetapi menggantinya dengan merek Blackberry dan Merek Apple.

Alasannya yang bisa diambil misalnya, Blackberry dan Apple sedang naik daun. Dengan mengganti merek kamu juga otomatis akan mengubah responden.

Jika HP merek Nokia dan merek Cina biasanya diambil responden kelas menengah kebawah, untuk merek Blackberry dan Merek Apple kamu harus mengambil responden dari kelas menengah ke atas.

Rian SEO

Kota: Binuang, Kalimantan selatan - Kabupaten tapin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *