Cara Upload / Jual Tema Blog di Themeforest yang Benar

  •  
  •  
  •  

Saya coba cari-cari informasi di halaman Google untuk masalah upload file berjenis tema blog di themeforest ternyata tidak ada yang menjelaskannya untuk bahasa indonesia, walaupun untuk di website ThemeForest sudah ada panduan dan penjelasannya tentang bagaimana mengupload atau menjual file berupa tema web di ThemeForest, namun itu semua lumayan sulit untuk di pahami bagi pemula seperti saya ini karena menggunakan bahasa inggris untuk panduannya.

Sebelum membahas tutorial jualan tema blog di situs ThemForest, ada baiknya kita kenali dulu sejarah singkatnya.

ThemForest adalah salah satu situs yang menyediakan berbagai macam jenis desain, kususnya website ini lebih banyak menyediakan file desain jenis tema blog, mulai dari tema WordPress,Joomla, Drupal, Blogger dan lainnya.

Nah bagi kamu yang memiliki keahlian dibidang desain, entah itu gambar, logo, HTML atau semacamnya kamu bisa membuat desain kamu itu menjadi uang dengan cara menjualnya lewat situs ThemForest ini.

ThemForest sendiri hadir sebagai “solusi” bagi para desainer kreatif, dalam memasarkan produknya. Dengan begitu, si pembuat desain hanya harus memperhatikan soal kualitas saja, sementara untuk proses pemasaran akan diserahkan pada pihak ThemForest terlebih ketika sebuah desain telah dimuat di halaman ThemForest secara otomatis.

Hal ini, tentu saja lebih enak daripada dengan sistem platform online seperti blog, website, grup, hingga halaman facebook, yang kerap kali kita harus melakukan promosi besar-besaran demi mendapatkan calon pembeli. Inilah salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bergabung dan menjual produk desain di ThemForest.

evanto market themeforest

ThemeForest dinaungi oleh perusahaan digital Evanto –  yang mulanya hanya berdiri sebagai perusahaan IT di tahun 2006 tepat di Australia ini, diketuai oleh Collis Ta’eed, Cyan Ta’eed, dan Jun Rung. Dengan mengusung misi awal, yakni “Helping People Learn and Earn Online”, Perusahaan Envato menjadi tempat bagi semua orang dalam menjual produk digital.

Saya sendiri mengakui jika saya tidak terlalu berharap juga untuk bisa mendapatkan penjualan di themforest ini, sebab untuk produk yang akan kita jual disana bukan asal-asalan, harus melewati tahap seleksi dulu baru bisa mendapatkan penjualan.

Apalagi untuk desain sangat harus terlihat propesional jika ingin mendapatkan persetujuan dari pihak ThemForest, maka sangat tidak cocok bagi pemula yang baru belajar membuat sebuah produk dan ingin menjualnya di ThemForest jika hasil produk digital itu masih terlihat amatiran.

Ungsut punya ungsut, saya terpikir mencoba mengupload template blogger di ThemForest ini dan ternyata pikiran saya ini menjadi jawaban bagi kamu yang ingin mencoba menjual produk digital di ThemForest ini, sebab saya akan memberikan panduan bagaimana menjual template blog di ThemForest.

Perlu kamu ketahui, jika mengupload produk di ThemForest tidak semudah mengupload foto di Instagram, sebab kamu harus melengkapi beberapa persyaratan yang sudah di tetapkan pihak ThemForest. Jadi sebelum menuju langkah ini kamu harus sudah memiliki dan menyediakan beberapa persyaratannya.

Persyaratan

  1. File Digital yang akan kamu jual, bisa berupa HTML, Tema Web, dan juga Desain yang berformat PSD.
  2. Gambar pelengkap produk, setidaknya ada 6 gambar produk yang sudah kamu sediakan.
  3. Photoshop atau aplikasi edit foto lainnya, yang nantinya berguna untuk mengedit gambar dan mengubah ukuran gambar
  4. Aplikasi ZIP yang berguna untuk membungkus gambar agar bisa di upload di ThemForest
  5. File pendukung berupa text lecensi dan dekumentasi file yang akan kamu jual (download file txt license dan help)
  6. Blog dumy jika file yang kamu jual berupa tema blog.

Cara Menjual Tema Blog / Website di ThemForest

Langkah pertama, mendaftar akun di Evanto dulu lewat link disini

Saya rasa kamu sudah mengerti pendaftaran akun Evanto, sebab tidak terlalu rumit bahkan sama seperti mendaftar akun lainnya.

Langkah kedua, selesai pendaftaran akun selanjutnya adalah memulai menjual file yang kamu miliki, sebagai contoh disini saya menjual produk berupa file template blogger.

upload file HTML di ThemForest

Klik tulisan ” Start Selling ” untuk memulai menjawab sedikit survey yang akan di anjukan pihak ThemForest.

Baca juga: Template Blogger Genesis Framework Minmalis dan Elegant

upload file digital di halaman themforest

Lalu, Klik icon profile akun ThemeForest kamu, dan pilih tulisan ” Upload

cara memilih kategori di themforest untuk jualan tema website

Pilih kategori yang mewakili produk kamu, disini sebagai contoh produk saya adalah file tema blogger, maka saya memilih kategori ” Blogging

cara setting nama dan deskripsi produk di themeporest

Langkah ketiga, isi data produk yang akan kamu jual.

Sedikit penjelasan dari saya, untuk data yang perlu kamu perhatikan dalam penjualan.

  • Name = Nama produk digital kamu
  • Key Features = Nama kata kunci yang terkait dengan produk kamu, misalnya WordPress, HTML, Theme
  • HTML Description = Isi penjelasan fiktur produk yang kamu jual, misalnya Responsive, Full Collor dan semacamnya

Dibawah ini, bagian pengaturan file pendukungnya agar bisa kita upload produk yang akan kita jual di ThemForest.

Ada panduannya dari ThemForest agar produk kamu bisa di upload dengan sukses, hanya saja artikelnya bertulisan bahasa Inggris, jika kamu ahli bahasa inggris bisa buka artikelnya disini

  • Thumbanil = Gambar singat produk kamu nantinya jika di terima dan akan di tampilkan diberanda ThemForest, gambar thumbanil disini formatnya harus JPG atau PNG dan ukuran gambar harus 80px 80px, kamu bisa ubah ukuran gambar menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop.

Ukuran gambar harus 80px 80px pas, tidak kurang tidak lebih. Jika ukuran gambar tidak pas maka upload file kamu akan mengalami eror.

  • Theme Preview = Gambar harus dikemas dalam format file ZIP, dan juga ukuran gambar setidaknya harus dari 590×300 masimalnya 900×900. Jika gambar preview lebih dari satu, maka nama file gambar harus tersusun rapi seperti ini contohnya 01_rianseo.jpg 02_rianseo.jpg dan seterusanya dan jangan lupa kumpulkan file gambar dalam satu folder format ZIP.
  • Main Files = File Produk kamu yang akan di jual, harus terkemas rapi dalam format ZIP jangan sampai format file bukan ZIP karena akan eror dan pastikan isi file kamu lengkap mulai dari lecensi dan dekumentasi dalam satu folder ZIP.
  • WordPress Theme = Berlaku hanya bagi penjual template yang berjenis WordPress dan memiliki tema tampilan gallery

Untuk mengupload file-file pendukung dan juga berupa file produk, kamu bisa klik tombol ” Chose Files

  • Category & Attributes = Ketegori produk kamu, Pilih sesuai atribute file produk kamu.
  • Compatible Browsers = Browser yang mendukung membuka file kamu
  • Compatible With = Klik ceklis saja N/A
  • ThemeForest Files Included = Pilih apa saja isi file produk kamu, Misalnya HTML dan CSS
  • Columns = Tampilan berapa kolom file kamu, misalnya 1 kolom 2 kolom atau 3 kolom
  • Layout = Pilih sesuai ukuran tampilan, jika mendukung semua layar pilih saja ” Responsive “
  • Demo URL = Alamat blog atau halaman contoh tampilan produk yang akan kamu jual.
  • Tags = Pilih saja tag apa yang ingin kamu tandai, biasanya sesuai kata kunci produk yang ingin di jual.
  • Supporting your item = Pilih ‘ Yes ‘ Jika ada dukungan file dari kamu
  • Set Your Price (US$) = Pilih harga, karena disini sistemnya bagi hasil maka kamu harus mengatur harga produk agar kamu banyak untung, semakin mahal nilai jual yang kamu tentukan semakin besar juga hasil yang kamu dapatkan.
  • Message to the Reviewer = Klik ceklis di kolom komentar, dan kolom komentar bisa disi dengan sedikit cerita tentang produk yang kamu jual, lalu klik ” Upload

setting data produk digital di themeforest terbaru

Selesai sudah tahap upload file di ThemForest, langkah berikutnya adalah menunggu tahap review dari pihak ThemForest apakah layak file kamu di pasarkan mereka atau ditolak.

Biasanya mereka mementingkan penampilan dan juga kelengkapan file pendukung produk yang akan kamu jual, bukan hanya tertarget ke 1 point saja, Jika file produk kamu menarik dan keren tetapi kelengkapan data pendukung kurang lengkap ada kemungkinan produk kamu tidak diterima.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait dengan masalah cara jualan / upload file di ThemForest, Jika ada pertanyaan atau juga langkah-langkah yang kurang jelas yang saya sebutkan diatas jangan ragu untuk bertanya dengan cara menulis komentarnya.

Rian SEO

View posts by Rian SEO
Blogger dari kalimantan selatan yang sudah lama berposisi sebagai penulis online dan memberikan berbagai macam informasi, trik, internet dan dunia blogging, Jika ada pertanyaan jangan malu untuk mengirim pesan kepada saya!

8 Comments

  1. khatami
    August 21, 2019

    Mau nanya gan itu kan suruh upload zip yg berisi kelengkapan kek gambar , documentasi , dll , nah apakah template .xml nya yg versi premium (dari kita) juga ikut disertakan?

    Reply
    1. Rian SEO
      August 21, 2019

      Iya file template.xml nya juga harus kamu buat juga

      Reply
      1. khatami
        August 22, 2019

        ok gan ,btw kan itu thumbnail 80px nah itu biasanya disi gambar preview template atau logog bebas aja gan? soalnya ukuran segitu kecil bgt

        Reply
        1. Rian SEO
          August 22, 2019

          Bebas mas, bisa gunakan gambar preview temanya, atau logo terserah. Asalkan untuk ukuran thumbanil harus 80px

          Reply
          1. khatami
            August 23, 2019

            kalau main files yg disertain apa aja gan biar di aprove selain isi template .xml nya? apakah harus nyertain licence juga?

          2. Rian SEO
            August 23, 2019

            iya harus nyertain file text licence, serta dokomentasi menggunakan bahasa inggris.

            Untuk diterima atau tidaknya, saya tidak menjamin! tergantung ketertarikan pihak themforest sendiri dengan menilai gaya desain kamu.

          3. khatami
            August 23, 2019

            Kalau template blogger buat licencenya dimana kang? apakah ada tutorialnya?

          4. Rian SEO
            August 24, 2019

            download di link themforest nya dah ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top