Cara Menghemat Pemakaian Data Internet untuk Aplikasi Instagram

  •  
  •  
  •  

Instagram sudah menjadi aplikasi sosial media yang sangat digemari oleh semua kalangan orang. Tidak lebih dari itu instagram juga menjadi salah satu jejaring sosial media yang saat ini sudah berposisi diurutan kedua dari Facebook.

Fungsi instagram ini tidak lebih untuk kita yang suka membagikan sebuah foto / video lewat sosial media. Jadi pengertiannya instagram ini tidak bisa kita gunakan layaknya Facebook, Twitter dan WhatsApp yang bisa membagikan sebuah tulisan, foto dan juga video.

Baca juga: Cara Memperbanyak Tayangan Video Instagram Otomatis

Di Instagram juga banyak yang membagikan sebuah video pendek untuk kita lihat, maka dari itu juga instagram kini sudah memiliki sebuah fiktur GTV yang mana sebuah video berdurasi lebih 8 menit bisa kita upload di Instagram dan dilihat banyak orang!

Mengenai akan hal semua itu, ternyata Instagram ini juga adalah aplikasi yang boros paket data internet saat kita gunakan.

Jadi tak usah bingung, sebab paket internet yang kita gunakan untuk melihat video dan foto di IG itu ternyata sangat banyak memakai akan data internet.

Baca juga: 10 Cara Auto Followers Instagram Terbaru 2019

Nah maka dari itu, saya disini akan membagikan lagi tips terbaru tentang instagram yaitu cara menghemat pemakaian paket internet di instagram.

Tips Menghemat Paket Internet untuk Aplikasi Instagram

Ada beberapa pengaturan instagram yang dapat kamu lakukan untuk menghemat mode data pemakaian kouta internet, dengan cara membuka pengaturannya seperti langkah berikut.

tips irit kuota internet instagram

Profil > Settings > Account > Mobile data use / Pemakaian data internet

Ubah tombol kearah kanan dan menjadi berwarna ” BIRU

NB: Dengan menerapkan pengaturan ini di Akun Instagram kamu, maka pemuatan foto / video akan sedikit lambat karena menggunakan mode data internet lebih sedikit.

Pengaturan diatas hanya mengatur mode pemakaian paket internet secara deflauft, agar lebih maksimalnya kita bisa tambahkan pengaturan lagi dengan cara dibawah ini.

Profil > Settings > Akun > Postingan Asli >

Ubah tombol menjadi kekiri, untuk mematikan fungsi auto save / download foto secara otomatis, setelah kamu mengupload foto di IG.

Ada 3 pilihan, matikan semuanya demi menghemat paket data kamu.

  1. Simpan Postingan / Foto Asli
  2. Simpan Foto yang Diposting
  3. Simpan Video yang Diposting

Mengatur Pemakaian Data Paket Internet di Pengaturan Smartphone

HP yang saya gunakan disini adalah HP Oppo A71, jadi untuk jenis HP Android merk lainnya bisa sesuaikan masing-masing.

settings paket internet smartphone android

Buka Pengaturan > SIM Ganda & Seluler > Pengingat Data Harian > Atur menjadi 500 MB

Cara diatas berfungsi untuk mencegah batas pemakaian paket data internet secara berlebihan, Jadi saat pemakaian paket internet mencapai ambang batas 500 MB, Maka otomatis data seluler ponsel kamu akan mati secara otomatis.

Jadi, apabila kamu sudah mendapatkan notifikasi pemakaian data internet sesuai pengaturan yang sudah kamu tetapkan diatas, ada baiknya kamu hentikan aktifitas nonton video Youtobe / Instagram.

Cara Main Instagram Irit Kuota

Karna keinginan kamu adalah mengirit kuota internet saat menggunakan Instagram, maka pengaturan ini sangat cocok kamu gunakan karena tidak akan menggunakan paket data melainkan menggunakan WIFI Saja.

Buka Pengaturan > SIM Ganda & Seluler > Aplikasi Memakai Wi-Fi & Data Seluler > Instagram > Atur menjadi ” Wi-Fi “

NB: Saat kamu mencoba menggunakan aplikasi Instagram, maka data seluler kamu tidak akan terpakai kecuali dengan jaringan Wi-Fi saja. Jadi apabila kamu membuka Instagram tanpa ada jaringan Wi-Fi, maka instagram kamu tidak akan berjalan karena tidak ada jaringan Internet

Apabila masih dirasa kurang, kamu bisa atasi dengan cara mengunistal aplikasi Instagram dan berhenti bermain sosial media, sebab yang namanya jejaring sosial media itu, pasti memerlukan pemakaian kuota untuk memutar video dan juga membuka Foto.

Tapi jika kamu tetap keras ingin menghemat kuota internet saat memakai Instagram, kamu cukup mengupload foto kamu dan setelah selesai langsung tutup aplikasi jangan membuka beranda Instagram.

Kamu juga bisa atasi dengan cara tidak mengikuti akun Hiburan jika tidak ingin boros dalam menggunakan Instargam.

Kesimpulan

Nah dengan cara kamu menerapkan tips diatas, maka untuk pemakaian paket data kuota di Instagram akan sedikit lebih irit dari sebelumnya.

Jika ada pertanyaan atau masukan yang berkaitan dengan tips diatas, Jangan ragu untuk menulis komentarnya di kolom komentar blog ini.

Rian SEO

View posts by Rian SEO
Blogger dari kalimantan selatan yang sudah lama berposisi sebagai penulis online dan memberikan berbagai macam informasi, trik, internet dan dunia blogging, Jika ada pertanyaan jangan malu untuk mengirim pesan kepada saya!

1 Comment

  1. Alfiandar
    December 2, 2019

    Jangankan nonton IGTV, kalau buka instagram cuma buat kepoin semua stories teman juga ngabisin kuota yak… gak diragukan lagi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top